BEBERAPA KONSEP DASAR KOMUNIKASI ISLAM Skip to main content

EVOLUSI HUMAS: BAGAIMANA PROFESI BERKEMBANG DAN KEMANA ARAHNYA

               Sebagai suatu aktivitas sosial, public relations muncul sejak adanya manusia di bumi ini. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus berinterkasi dengan sesamanya. Mereka saling bertukar barang (barter), kerja sama untuk bertahan hidup maupun menjalin relasi untuk reproduksi. Semuanya memerlukan kemampuan komunikasi untuk bernegosiasi. Inilah bentuk sederhana dari aktivitas public relations.                Dengan kata lain, aktivitas public relations sebenarnya selalu dilakukan manusia sehingga selalu hadir dalam kehidupan. Sifat selalu hadir ini yang disebut Suzane Hosley (2009) sebagai “ubiquitous nature of Public Relations”. “Prinsip-prinsip public relations telah diketahui, dipelajari, dan dipraktikkan sejak berabad-abad lamanya”. (Leahigh,   1993: 24). “public relations sama tuanya dengan peradaban, karena semua aktivitas nya adalah upaya untuk memersuasi. Banyak taktik persuasi yang digunakan sekarang telah digunakan oleh pemimpin masyarakat selama ribuan tahun “

BEBERAPA KONSEP DASAR KOMUNIKASI ISLAM


BEBERAPA KONSEP DASAR KOMUNIKASI ISLAM

 






     
sumber ilustrasi: afiantika

 1. Komunikasi Ada Sejak Manusia Ada

            Seperti yang sudah kita ketahui, manusia pertama yang diciptakan oleh Allah yaitu Nabi Adam. Komunikasi yang terjadi antara Allah dengan malaikat dan Nabi Adam di jelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 31-33. Melalui surat al-baqarah ayat 31-33 kita dapat mengambil pelajaran tentang sejarah nabi Adam yaitu

  1. Komunikasi sudah disiapkan oleh Allah sejak manusia pertama diciptakan.
  2. Perangkat komunikasi paling penting yang diciptakan Allah pendengaran, pengelihatan, dan fu’ad (hati).
  3. Dengan perangkat komunikasi, adam mendapatkan kesempatan terhormat untuk berkomunikasi dengan Allah, Sang Pencipta. Bentuk komunikasi yang terjadi ialah komunikasi antara manusia dengan penciptanya.
  4. Manusia memerlukan teman untuk berkomunikasi, buat berbagi rasa dan untuk mendapatkan ketenangan hidup. untuk mewujudkan tujuan tersebut Allah menciptakan Hawwa. Komunikasi Adam dengan Hawa adalah bentuk komunikasi dengan sesama manusia.
  5. Kosakata yang diajarkan oleh Allah kepada Nbai Adam sangat banyak, sehingga memungkinkannya untuk mengomunikasikan semua hal yang beliau inginkan.
  6. Komunikasi lain yang terjadi pada manusia adalah komunikasi dalam diri yang dipengaruhi oleh bisikan baik dari malaikat ataupun bisikan buruk yang berasal dari setan.

  1. Komunikasi Terkait dengan Pandangan Islam Terhadap manusia

            Ada empat jenis komunikasi, yaitu komunikasi dengan Allah, komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi dengan sesama manusia, dan komunikasi dengann alam sekitar. Bentuk praktek yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ialah dirikanlah sholat tepat waktu karena dengan begitu Allah akan senang terhadap hambanya. Selain kita juga mesti menalin hubungan dengan orang lain. Tentunya bagaimana kita dalam berkomunikasi dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan kita dapat mengambil manfaat dari orang lain saat kita berkomunikasi. Kita juga dituntut untuk berkomunikasi dengan alam sekitar dengan merawat dan saling menjaga lingkungan di sekitar. Dan janganlah jadi manusia yang perusak alam.

  1. Komunikasi Adalah Kebutuhan Dasar Hidup Manusia

            Kebutuhan manusia sangat beragam, tidak hanya sebatas pangan, sandang dan perumahan. Malainkan kebutuhan akan hidup beragama, kebutuhan menjaga diri, rasa aman, kebutuhan fasilitas mewah, dan masih banyak lagi. Bagaimana semua itu kita dapatkan jika kita tidak berkomunikasi? Jika kita menginginkan sesuatu tapi kita tidak berkomunikasi, orang lain tidak bisa memberikan atau mengerti apa yang kita inginkan.

4.      Komunikasi adalah Wujud dari Kasih Sayang Allah Terhadap Manusia.

            Seluruh bentuk kebaikan dan segala hal yang bermanfaat untuk manusia di dunia ini maupun nanti di akhirat masuk dalam kategori rahmat. Di antara bentuk rahmat dan wujud kasih sayang Allah terhadap seluruh manusia adalah kemampuan berkomunikasi dengan sesama dengan berbagai macam bahasa. Dengan komunikasi manusia mampu menjalin kasih.

            Salah satu bentuk realisasi kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya dalam komunikasi adalah dengan memberikan kesempatan bertobat 24 jam nonstop. Kapan saja dan dimana saja dan dimana saja kita bisa mengaukan permohonan maaf dan melepaskan baying-bayang kesalahan yang menghantui dirinya tanpa perantara siapapun.

            Bentuk kasih sayang lainnya lewat rasulnya yaitu melarang manusia untuk tidak saling berkomunikasi lebih dari tiga hari atas dasar kebencian. Allah engharamkan perbuatan ini merupakan bentuk rahmat dari Allah bagi manusia. betapa sakitnya hati jika kita menghadapi kondisi dimana kita tidak ditegur dan diacuhkan orang, padahal dia kenal dengan kita.

            Kita akan sadar bahwa komunikasi adalah nikmat terbesar jika kita mengalami sakit. Karena ketika kita sakit atau melihat orang yang memiliki penyakit berat tidak bisa mengucapkan kata-kata yang kita inginkan selama masih diberi kesempatan hidup gunakanlah kesempatan itu untuk berkomunikasi serta berbuat baik kepada Allah dan semua ciptaannya.

5.      Komunikasi Bertujuan untuk Saling Mengenal Antarmanusia Buat Mewujudkan Semangat Takwa

            Kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk saling mengenal. Meskipun dengan berbagai kalangan yang berbeda-beda. Saling mengenal (Ta’aruf) tidak sekedar untuk menghubungakn antarmanusia,baik memiliki sebab atau tidak. Tetapi juga bertujuan untuk menebarkan nilai-nilai positif kepada setiap orang yang berkenalan dengan kita. Zaman modern ini banyak tayangan pertelevisian yang kurang menyisipkan nilai-nilai ketakwaan. Sebagai akademisi atau orang-orang yang memiliki tujuan bangsanya, bagaimana kita bisa memproduksi siaran yang memiliki nilai-nilai ketakwaan.

6.      Komunikasi Bertujuan untuk Menebar Semangat Silm (Kedamaian dan Kenyamanan)

            Dalam perspektif Islam, akhir proses komunikasi adalah mengantarkan manusia uuntuk merasakan kehidupan yang damai dan nyaman. Kita dilarang untuk saling mengumpat dan mencela baik dengan perkataan ataupun perbuatan. Karena Allah sendiri telah memberikan peringatan bagi orang-orang sering mengumpat dan mencela. Semangat silm inilah yang bisa mengantarkan Islam mampu merealisasikan cita-citanya untuk menjadi rahmatan lil’alamin. Saling merendahkan, memfitnah, adu domba serta perbuatan negatif lainnya tidak sejalan dengan semangat dasar komunikasi Islam.

7.      Komunikasi Adalah Paket

            Sumber pesan adalah hati dan hati merupakan sumber kehendak. Pesan yang dikeluarkan melalui lisan atau tulisan merupakan terjemahan dari kehendak hati. Hati yang baik akan memproduksi pesan-pesan yang baik. Sedangkan hati yang buruk akan memproduksi pesan yang buruk yang membuat orang disekitarnya merasa tidak nyaman disekitarnya.

            Pesan serta kata-kata yang indah dampak menembus relung hati orang yang mendengarnya atau membacanya. Sebaliknya perkataan yang sarkastis dapat menembus hati orang dan membuatnya luka mendalam. Lisan sebagai alat komunikasi dapat memerankan dua peran di atas, Islam hadir memberikan kenyamanan kepada orang lain sangat peduli dengan masalah lisan atau tulisan dan pesan yang dilafalkan ataupun digoreskan.

8.      Komunikasi Memiliki Efek Dunia dan Akhirat

            Komunikasi dapat memberikan pengaruh bagi orang lain baik dalam bentuk lisan dan tulisan. Baik itu pengaruh positif dan negatif. Bahkan jika seseorang berkomunikasi dan apa yang disampaikan diterapkan oleh orang lain tentunya bisa menjadi permasalah. Untungnya pesan yang disampaikan memberikan dampak positif. Bagaimana kalau memberikan dampak negatif? Kita dijaga oleh dua orang malaikat. Malaikat yang satu bertugas mencatat amal baik dan yang yang satu mencatat amal yang buruk. Setiap kita berkomunikasi pasti akan dicatat oleh malaikat. Apa yang sudah kita ucapkan tidak dapat ditarik lagi. Setiap ucapan akan dimintai pertanggung jawaban diakhirat.

            Karena besarnya pengaruh komunikasi, maka kita perlu berpikir sebelum berkomunikasi, apakah membawa dampak positif atau negative terhadap diri kita dan orang lain.


DAFTAR PUSTAKA: HARJANI, HEFNI. 2015. KOMUNIKASI ISLAM. JAKARTA: PT FAJAR INTERPRATAMA MANDIRI

Comments

Popular posts from this blog

Ilmu Komunikasi Islam

                                      Bab 2 SUMBER ILMU KOMUNIKASI ISLAM                                       sumber ilustrasi : Rubik - Okezone A.     PENDAHULUAN             Sebagai sebuah ilmu, komunikasi Islam memiliki sumber utama yang sangat potensial untuk digali, yaitu dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Meskipun tidak terkumpul dalam satu tempat, tetapi bahan baku ilmu komunikasi Islam yang terdapat dibanyak tempat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah sangat memungkinkan untuk memformat ilmu komunikasi Islam secara sistematis, sehingga menjadi ilmu yang mudah dimanfaatkan oleh akademisi dan masyarakat secara umum.             Selain Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan ilmu-ilmu pendukung untuk memahaminya, kitab-kitab para ulama baik yang lama maupun kontemporer juga banyak yang bisa menjadi bahan baku yang bisa diolah untuk membangun ilmu komunikasi Islam.             Sumber lain yang tidak kalah pentingnya dalam memformat ilmu komunikasi Islam adalah ilmu komunikasii y

FAKTOR MANUSIA DALAM HUMAN RELATIONS

FAKTOR MANUSIA DALAM HUMAN RELATIONS        Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberikan informasi yang mudah-mudahan bisa membantu para pembaca dalam menambah referensi dan wawasan. ohh iyaa... jangan lupa bagi temen-temen yang ingin tulisan ini atau tulisan yang lainnya, inbox aja lewat email hikmah yah... ok langsung cek aja                                      sumber gambar: Ilmu Psikologi          Titik sentral human relations adalah manusia. dan titik sentral human relations dalam organisasi kekaryaan adalah karyawan. Manusia karyawan ini harus ditinjau dari segi manusiawinya. Untuk mempraktekkan human relations, seorang pemimpin perlu sedikit banyak mempelajari sifat tabeat manusia karyawan tadi. Meskipun tidak secara mendalam, pemimpin oraganisasi perlu memahami mengapa para karyawan satu sama lainnya berbeda dalam tabeat dan tingkah-lakunya; dan perlu mengetahui bagaimana tingkah laku mereka dalam hidup berkelompok dan bermasyarakat.               Bahwa m

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA                           Asbania atau Iberia yang saat ini dikenal dengan kerajaan Spanyol, semula berasal dari wilayah kekuasaan bangsa Vandal, yang kemudian oleh bangsa Arab disebut Andalusia. Andalusia pada abad ke-2 sampai dengan abad ke-5 M menjadi wilayah Kekaisaran Romawi, tetapi kemudian di taklukan oleh bangsa Vandal pada abad ke-5 M. Selanjutnya datanglah bangsa Vandal sampai ke Afrika.             Pada awalnya kerajaan bangsa Gothia ini kuat sekali, namun kemudian timbul perpecahan dikalangan bangsa itu hingga pada akhirnya kejayaan kerajaan itu memudar dan mengalami kemunduran. Setelah Raja Gothia meninggal pada tahun 710 M, dia digantikan oleh Roderick. Seorang penguasa zalim yang tidak disukai bahkan oleh rakyatnya sendiri. Sehingga para puteri Witiza bekerja sama dengan Graff Yulian yang sama-sama memusuhi Roderick meminta bantuan kepada Musa bin Nushair, gubernur Mu’awiyah di Afrika untuk membebaskan mereka dari tangan Roderick.