YUKK MENGENAL PUBLIC RELATIONS Skip to main content

EVOLUSI HUMAS: BAGAIMANA PROFESI BERKEMBANG DAN KEMANA ARAHNYA

               Sebagai suatu aktivitas sosial, public relations muncul sejak adanya manusia di bumi ini. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus berinterkasi dengan sesamanya. Mereka saling bertukar barang (barter), kerja sama untuk bertahan hidup maupun menjalin relasi untuk reproduksi. Semuanya memerlukan kemampuan komunikasi untuk bernegosiasi. Inilah bentuk sederhana dari aktivitas public relations.                Dengan kata lain, aktivitas public relations sebenarnya selalu dilakukan manusia sehingga selalu hadir dalam kehidupan. Sifat selalu hadir ini yang disebut Suzane Hosley (2009) sebagai “ubiquitous nature of Public Relations”. “Prinsip-prinsip public relations telah diketahui, dipelajari, dan dipraktikkan sejak berabad-abad lamanya”. (Leahigh,   1993: 24). “public relations sama tuanya dengan peradaban, karena semua aktivitas nya adalah upaya untuk memersuasi. Banyak taktik persuasi yang digunakan sekarang telah digunakan oleh pemimpin masyarakat selama ribuan tahun “

YUKK MENGENAL PUBLIC RELATIONS

SEJARAH, PENGERTIAAN DAN DEFINISI PUBLIC RELATIONS

SELAMAT DATANG....
Pasti ada sebagian orang sudah ada yang mengerti tentang Apa itu Public Relations? yap, bener Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang diselenggarakann oleh Lembaga atau Organisasi untuk menjalin serta menjaga kerja sama yang dilakukan dengan pihak lain. Tapi kebanyakan masyarakat kita menyebutnya dengan istilah HUMAS (Hubungan Masyarakat).

                                          Suber gambar: Learnership Programmes 2016

Masak (ciee masak didapur kali.. hehe) masak yang dikasih tau yang tau aja. Kita yang belum tau juga kan pengen tau.

oke, sebelum kita masuk ke pengertian Public Relations ada baiknya kita tau dulu nih sejarahnya... yuk langsung disimak

A. Sejarah Public Relations
                  Sering kita dengar bahwa Public Relations (PR) merupakan suatu bidang yang baru muncul beberapa tahun yang lalu bahkan dapat dikatakan sejak permulaan abad ke-20 yaitu ditempat kelahirannya di Amerika Serikat, walaupun gejalanya sudah ada nih sejak adanya manusia pertama, yakni Adam dan Hawa. Gejala tersebut timbul ditandai dengan adanya hubungan seseorang dengan orang lain, pemberitahuan seseorang kepada orang lain, upaya mempengaruhi orang lain, dan sebagainya.
         Jadi jelasnya Public Relations itu tumbuh dari kebudayaan masyarakat untuk memperoleh sesuatu. Berbagai teknik Public Relations ini sudah diterapkan salama berabad-abad yang lalu, hanya pada waktu itu orang belum menemukan istilah Public Relations yang dikenal seperti sekrang ini. Makna PR itu sendiri banyak pengertiannya yang diungkapkan oleh para ahli komunikasi (biasa, namanya aja diskusi :D ), bahkan ada yang mencampur adukan konsep PR sama halnya dengan konsep periklanan atau pemasaran. Tapi yang pasti kegiatan dari PR adalah usaha dari pembentukan citra positif kepada suatu perusahaan atau lembaga yang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi. Banyak sih yang salah pengertian tentang PR, diantaranya:

1. Public Relations adalah personal relations
    Sering orang menilai bahwa seseorang mempunyai kemampuan Public Relations karena orang tersebut pandai membina hubungan secara pribadi. Pengertian ini tidak salah 100% karena seorang praktisi yang baik haruslah pandai membangun personal relations, tapi itu saja tidak cukup harus ditunjang dengan keahlian lain yang mumpuni.
2. Public Relations adalah propaganda
      PR sering dianggap sebagai alat propaganda eksekutif yang tidak paham benar. Dengan itu diharapkan publik akan bersimpati pada perusahaan atu lembaga, dan lembaga ataupun perusahaan tersebut dapat memenangkan persaingan. Teknik pemberitaan pers dan iklan dengan tidak jujur dapat menyesatkan praktek PR.
3. Public Relations adalah publisitas 
      Pendapat ini sering tercermin dalam kegiatan PR lembaga milik Pemerintah untuk mempublikassikan kebijakan-kebijakan pemerintah serta pemimpinnya. PR tidak lebih dari pressrelations yang pekerjaan sehari-harinya adalah menyusun jadwal untuk membawa wartawan mengikuti kunjungan ke daerah. Ini bukan PR tapi Press Reations (merupakan bagian program kerja bukan pengertian oke).
4. Public Relations adalah iklan gratis 
     Karena iklan harus dibayar, maka berita tentang perusahaan yang dimuat di suatu media dianggap iklan yang gratis. Sehingga banyak praktisi pemasaran yang memanfaatkan publikasi pers untuk berpromosi. Padahal bukan itu tujuan pemuatan suatu berita. PR menggunakan pers untuk menjelaskan sesuatu atau membangun citra. 
5.  Public Relations adalah menjual senyum
     Memang susah sih bujuk orang lain, tapi PR juga butuh keramahan. PR dapat menggunakan orang lainn seperti selebritis untuk membujuk orang lain. Inti dari kegiatan ini sebenarnya terletak pada keahlian mengembangkan dan menjalankan strategi. 

yah begitulah, kesalahan diatas sering mewarnai pendapat para eksekutif kita dan terlihat jelas keputusan-keputusan untuk merekrut praktisi PR diberbagai perusahaan mereka. oke lanjut lagi ya...

B. PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

      Pengertian Public Relations secara harfiah adalah gabungan dari dua kata yaitu "Public" yang artinya publik dan "Relations" artinya hubungan-hubungan. Dengan demikian jika dilihat dan diterjemahkan dari asal katanya adalah "Hubungan-hubungan antar publik". Ini berarti mengindikasikan PR itu diterjemahkan dengan "Hubungan Masyarakat" adalah kurang tepat, tapi karena masyarakat kenalnya istilah hubungan masyarakat (humas) dan sangat sulit untuk diluruskan, walaupun usaha kearah itu sudah ada. "Hubungan Masyarakat atau Humas" masih eksis di intansi-instansi pemerintah dan perusahaan swasta umumnya Hubungan Masyarakat (Humas) lebih dikenal dengan Public Relations. Hal ini beralasan jika diamati kegitan PR yang dilakukan masih cenderung untuk melakukan pembinaan hubungan dengan publik eksternal sedangkan publik internalnya masih banyak yang belum disentuh.
             Keadaan inilah yang menyebabkan istilah public relations secara prinsip sepertinya sama dengan hubungan masyarakat. Untuk itu para teoritis mau tidak mau harus memakluminya, dan selanjutnya istilah hubungan masyarakat dianggap sebagai istilah pengganti dari public relations bukan sebagai terjemahannya dengan catatan dalam aplikasinya diharapkan dapat dilakukan secara benar.

C. DEFINISI PUBLIC RELATIONS

           PR menyangkut kepentingan setiap organisasi atau lembaga, baik itu organisasi yang bentuknya komersial maupun yang non komersial. kehadirannya tidak dapat dicegah, suka atau tidak suka . Adapun  beberapa definisi dari PR adalah sebagai berikut:


       a. Definisi PR menurut Institute Of Public Relations (IPR) yaitu keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan serta memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak.
Analisis:
Upaya yang terencana dan berkesinambungan, ini menandakan PR adalah suatu rangkaian kegiatan yang diorganisasikan sebagai suatu rangkaian kampanye atau program terpadu yang semuanya berlangsung secara berksinambungan dan teratur. Tujuan utamanya adalah menciptakan serta memelihara saling pengertian. Maksudnya adalah untuk memastikan bahwa organisasi tersebut senantiasa dimengerti oleh pihak-pihak lain yang turut berkepentingan.

        b. Definisi PR menurut Frank Jefkins yaitu suatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terncana, baik itu kedalam maupun keluar antara organisasi dengan para khalyaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Analisis:
PR mempunyai tujuan khusus yaitu menanggulangi masalah-masalah yang ada kaitannya dengan komunikasi sehingga memerlukan suatu perubahan tertentu misalnya sikap negatif menjadi positif. PR juga harus menggunakan metode manajemen yang berdasarkan tujuan. Dengan mengejar tujuan semua hasil atau tingkat kemajuan yang telah dicapai dapat diukur dengan jelas karena kegiatan PR adalah nyata.
 
Baiklah, sekian dulu penjelasannya. Nanti dilanjut lagi. kalau ada yang mau ditambahkan, silahkan.. terima kasih karena sudah membaca artikel ini hingga selesai. 

DAFTAR PUSTAKA: EVI HAFIZAH DAN FITRI KUSUMAYANTI, 2010. DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS. PONTIANAK: STAIN PONTIANAK PRESS

 

Comments

Popular posts from this blog

Ilmu Komunikasi Islam

                                      Bab 2 SUMBER ILMU KOMUNIKASI ISLAM                                       sumber ilustrasi : Rubik - Okezone A.     PENDAHULUAN             Sebagai sebuah ilmu, komunikasi Islam memiliki sumber utama yang sangat potensial untuk digali, yaitu dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Meskipun tidak terkumpul dalam satu tempat, tetapi bahan baku ilmu komunikasi Islam yang terdapat dibanyak tempat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah sangat memungkinkan untuk memformat ilmu komunikasi Islam secara sistematis, sehingga menjadi ilmu yang mudah dimanfaatkan oleh akademisi dan masyarakat secara umum.             Selain Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan ilmu-ilmu pendukung untuk memahaminya, kitab-kitab para ulama baik yang lama maupun kontemporer juga banyak yang bisa menjadi bahan baku yang bisa diolah untuk membangun ilmu komunikasi Islam.             Sumber lain yang tidak kalah pentingnya dalam memformat ilmu komunikasi Islam adalah ilmu komunikasii y

FAKTOR MANUSIA DALAM HUMAN RELATIONS

FAKTOR MANUSIA DALAM HUMAN RELATIONS        Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberikan informasi yang mudah-mudahan bisa membantu para pembaca dalam menambah referensi dan wawasan. ohh iyaa... jangan lupa bagi temen-temen yang ingin tulisan ini atau tulisan yang lainnya, inbox aja lewat email hikmah yah... ok langsung cek aja                                      sumber gambar: Ilmu Psikologi          Titik sentral human relations adalah manusia. dan titik sentral human relations dalam organisasi kekaryaan adalah karyawan. Manusia karyawan ini harus ditinjau dari segi manusiawinya. Untuk mempraktekkan human relations, seorang pemimpin perlu sedikit banyak mempelajari sifat tabeat manusia karyawan tadi. Meskipun tidak secara mendalam, pemimpin oraganisasi perlu memahami mengapa para karyawan satu sama lainnya berbeda dalam tabeat dan tingkah-lakunya; dan perlu mengetahui bagaimana tingkah laku mereka dalam hidup berkelompok dan bermasyarakat.               Bahwa m

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA                           Asbania atau Iberia yang saat ini dikenal dengan kerajaan Spanyol, semula berasal dari wilayah kekuasaan bangsa Vandal, yang kemudian oleh bangsa Arab disebut Andalusia. Andalusia pada abad ke-2 sampai dengan abad ke-5 M menjadi wilayah Kekaisaran Romawi, tetapi kemudian di taklukan oleh bangsa Vandal pada abad ke-5 M. Selanjutnya datanglah bangsa Vandal sampai ke Afrika.             Pada awalnya kerajaan bangsa Gothia ini kuat sekali, namun kemudian timbul perpecahan dikalangan bangsa itu hingga pada akhirnya kejayaan kerajaan itu memudar dan mengalami kemunduran. Setelah Raja Gothia meninggal pada tahun 710 M, dia digantikan oleh Roderick. Seorang penguasa zalim yang tidak disukai bahkan oleh rakyatnya sendiri. Sehingga para puteri Witiza bekerja sama dengan Graff Yulian yang sama-sama memusuhi Roderick meminta bantuan kepada Musa bin Nushair, gubernur Mu’awiyah di Afrika untuk membebaskan mereka dari tangan Roderick.