TEMUKAN KEINDAHAN SUNGAI KAKAP YANG BELUM DIJELAJAHI : TOP 3 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI Skip to main content

EVOLUSI HUMAS: BAGAIMANA PROFESI BERKEMBANG DAN KEMANA ARAHNYA

               Sebagai suatu aktivitas sosial, public relations muncul sejak adanya manusia di bumi ini. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus berinterkasi dengan sesamanya. Mereka saling bertukar barang (barter), kerja sama untuk bertahan hidup maupun menjalin relasi untuk reproduksi. Semuanya memerlukan kemampuan komunikasi untuk bernegosiasi. Inilah bentuk sederhana dari aktivitas public relations.                Dengan kata lain, aktivitas public relations sebenarnya selalu dilakukan manusia sehingga selalu hadir dalam kehidupan. Sifat selalu hadir ini yang disebut Suzane Hosley (2009) sebagai “ubiquitous nature of Public Relations”. “Prinsip-prinsip public relations telah diketahui, dipelajari, dan dipraktikkan sejak berabad-abad lamanya”. (Leahigh,   1993: 24). “public relations sama tuanya dengan peradaban, karena semua aktivitas nya adalah upaya untuk memersuasi. Banyak taktik persuasi yang digunakan sekarang telah digunakan oleh pemimpin masyarakat selama ribuan tahun “

TEMUKAN KEINDAHAN SUNGAI KAKAP YANG BELUM DIJELAJAHI : TOP 3 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Hai semuanya...
Pada kesempatan ini penulis bersama rekan-rekan penulis ingin berbagi info mengenai tempat yang bisa kalian kunjungi serta tradisi yang ada di Kalimantan Barat khususnya daerah Sungai Kakap untuk pergi berlibur. Oke kita langsung pada pembahasan berikut:

1. SUNGAI KUPAH
Tempat Wisata Sungai Kakap Kalimantan Barat
Upacara adat Lesuji 

Batas wilayah Desa Sungai Kupah  sebelah timur berbataskan dengan Desa Sungai Rengas, Sebelah barat Laut Natuna, Sebelah utara dengan Kabupaten Pontianak dan selatan dengan Desa Desa Jeruju Besar. Daerah ini memiliki upacara adat yang bernama Lesuji. Upacara adat dari suku Bugis ini ditujukan untuk mengingat keturunan dengan penyelenggaran saji-sajian yang dihanyutkan ke sungai. Peringatan lesuji sendiri diperingati setiap tiga tahun sekali ataupun dua tahun sekali, sesuai dengan kemapuan pelaksana upacara tersebut.

Tempat Wisata Sungai Kakap Kalimantan Barat
Salah satu warga mengupas kulit kacang Mekka

Daerah ini terdapat tumbuhan yang bisa kalian temukan yaitu tanaman Kacang Mekkah. Kacang Mekkah merupakan salah satu jenis dari kacang-kacangan dengan tinggi akan serat.

2. SEPUK LAUT


Tempat Wisata Sungai Kakap Kalimantan Barat



. Nah bagi kamu yang pengen liburan sambil mancing atau liburan sambil nelayan kalian bisa datang ke desa Sepuk Laut. Karena desa ini semua nya dikeliling oleh laut. Waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau tempat ini kurang lebih 3 jam menggunakan kapal. Untuk ongkos naik kapal nya berkisar Rp. 20.000 sekali berangkat. Tapi kalian nggak bisa bawa kendaraan kalian ke desa ini, karena sebagian wilayahnya dikelilingi oleh laut dan jalannya itu berupa gertak kayu dan semen. Yah kira-kira jalannya memang khusus diperuntukkan untuk jalan kaki.
Kapalnya sendiri mulai beroperasi pada jam 15.00 sore dari pelabuhan kakap dan jam 6.00 pagi dari desa kakap. Ya jadi kalo ingin liburan ke sini kalian mesti nginap semalam.

Tempat Wisata Sungai Kakap Kalimantan Barat

Desa ini tepatnya di dusun Parit Teluk, merupakan markasnya ikan mayong, jadi cocok banget bagi kalian yang suka mancing.

Di desa Sepuk Laut terdapat sebuah pulau yang bernama pulau Tengah, untuk sampai ke tempat ini kalian bisa menjangkaunya menggunakan robin atau sampan yang bermesin.Terakhir, sinyal di desa ini hanya ada telkomsel dan hanya ada pada jam 5 sore sampe jam 6 pagi. Pada hari raya dan kegiatan masyarakat sinya ada sampai jam 01.00 siang.

3. SUNGAI RENGAS

Tempat Wisata Sungai Kakap Kalimantan Barat

Desa Sungai Rengas memiliki tempat wisata bernama Equator Park. Tempat wisata ini masih jarang di ketahui oleh orang banyak. Tak beperpantai, hanya laut lepas, namun cukup untuk memanjakan mata di sore hari menjelang matahari terbenam.

Tempat Wisata Sungai Kakap Kalimantan Barat

Selain itu disini juga terdapat sebuah  tradisi Tradisi bernama Sepulung. Sepulung adalah tradisi makan bersama  sebagai bentuk rasa syukur kepada roh nenek moyang atas hasil panen dan hasil laut. Tradisi ini dipimpin oleh ketua adat. Dalam tradisi tersebut warga membawa masing-masing makanan ke hutan, dan kemudian di makan bersama-sama setelah ritual dilakukan. Makanan yang menjadi khas dalam tradisi tersebut adalah nasi pulut/ketan.

Oke temen-temen cukup sekian informasi yang dapat penulis berikan. Jangan lupa subscribe blog penulis ya...

Penulis: Hikmah Utami






Comments

Popular posts from this blog

Ilmu Komunikasi Islam

                                      Bab 2 SUMBER ILMU KOMUNIKASI ISLAM                                       sumber ilustrasi : Rubik - Okezone A.     PENDAHULUAN             Sebagai sebuah ilmu, komunikasi Islam memiliki sumber utama yang sangat potensial untuk digali, yaitu dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Meskipun tidak terkumpul dalam satu tempat, tetapi bahan baku ilmu komunikasi Islam yang terdapat dibanyak tempat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah sangat memungkinkan untuk memformat ilmu komunikasi Islam secara sistematis, sehingga menjadi ilmu yang mudah dimanfaatkan oleh akademisi dan masyarakat secara umum.             Selain Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan ilmu-ilmu pendukung untuk memahaminya, kitab-kitab para ulama baik yang lama maupun kontemporer juga banyak yang bisa menjadi bahan baku yang bisa diolah untuk membangun ilmu komunikasi Islam.             Sumber lain yang tidak kalah pentingnya dalam memformat ilmu komunikasi Islam adalah ilmu komunikasii y

FAKTOR MANUSIA DALAM HUMAN RELATIONS

FAKTOR MANUSIA DALAM HUMAN RELATIONS        Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberikan informasi yang mudah-mudahan bisa membantu para pembaca dalam menambah referensi dan wawasan. ohh iyaa... jangan lupa bagi temen-temen yang ingin tulisan ini atau tulisan yang lainnya, inbox aja lewat email hikmah yah... ok langsung cek aja                                      sumber gambar: Ilmu Psikologi          Titik sentral human relations adalah manusia. dan titik sentral human relations dalam organisasi kekaryaan adalah karyawan. Manusia karyawan ini harus ditinjau dari segi manusiawinya. Untuk mempraktekkan human relations, seorang pemimpin perlu sedikit banyak mempelajari sifat tabeat manusia karyawan tadi. Meskipun tidak secara mendalam, pemimpin oraganisasi perlu memahami mengapa para karyawan satu sama lainnya berbeda dalam tabeat dan tingkah-lakunya; dan perlu mengetahui bagaimana tingkah laku mereka dalam hidup berkelompok dan bermasyarakat.               Bahwa m

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA                           Asbania atau Iberia yang saat ini dikenal dengan kerajaan Spanyol, semula berasal dari wilayah kekuasaan bangsa Vandal, yang kemudian oleh bangsa Arab disebut Andalusia. Andalusia pada abad ke-2 sampai dengan abad ke-5 M menjadi wilayah Kekaisaran Romawi, tetapi kemudian di taklukan oleh bangsa Vandal pada abad ke-5 M. Selanjutnya datanglah bangsa Vandal sampai ke Afrika.             Pada awalnya kerajaan bangsa Gothia ini kuat sekali, namun kemudian timbul perpecahan dikalangan bangsa itu hingga pada akhirnya kejayaan kerajaan itu memudar dan mengalami kemunduran. Setelah Raja Gothia meninggal pada tahun 710 M, dia digantikan oleh Roderick. Seorang penguasa zalim yang tidak disukai bahkan oleh rakyatnya sendiri. Sehingga para puteri Witiza bekerja sama dengan Graff Yulian yang sama-sama memusuhi Roderick meminta bantuan kepada Musa bin Nushair, gubernur Mu’awiyah di Afrika untuk membebaskan mereka dari tangan Roderick.